WESTLIFE “THE TWENTY TOUR” BOROBUDUR SYMPHONY

WESTLIFE merupakan grup vokal (boyband) asal Irlandia yang dibentuk tahun 1998 oleh Simon Cowell. Formasi awal boyband ini pada saat terbentuk adalah Shane Filan, Mark Feehily, Kian Egan, Nicky Byrne dan Brian McFadden. Vakum dari industri musik pada tahun 2012 dan akhirnya mereka melakukan reuni dan mulai menggelar konser kembali tahun 2018. Formasi terakhir Westlife tanpa kehadiran salah satu personil, Brian McFadden yang memutuskan keluar sejak tahun 2014.

Westlife telah menjual lebih dari 40 juta keping album dan 55 juta rekaman di seluruh dunia. Group vokal ini juga telah memiliki lebih dari 1 miliar viewers di channel YouTube resmi mereka, disiarkan lebih dari 300 juta dan lebih dari 550 juta streaming di Spotify pada tahun 2018.

Banyak single hit yang sukses merajai pasaran seperti “Swear It Again”, “If I Let You Go”, “Flying Without Wings”, “I Have A Dream” dan banyak lagi. Prestasi Westlife lainnya adalah pemegang Guiness World Records sebagai group vokal pertama yang meraih tujuh single nomor satu berturut-turut di Inggris, grup pop dengan penampilan terbanyak di depan publik dalam 36 jam, dan single yang menjadi nomor satu terbanyak di tangga lagu Inggris serta termasuk dalam grup album terlaris di abad ke-21.

Menurut British Phonographic Industry, Westlife mendapatkan sertikat sebagai grup pop dengan penjualan album di atas 12 juta kopi dan 7,4 juta single di Inggris. Mereka saat ini berada di peringkat dua puluh empat dengan album nomor satu terbanyak sepanjang masa. Dari awal terbentuk sampai dengan tahun 2019 tidak kurang dari 11 album musik telah diluncurkan.

Beberapa artis dan musisi dunia tercatat pernah berkolaborasi dengan Westlife dalam single seperti Mariah Carey, Diana Ross dan masih banyak lagi.


The 20 Tour (dibaca: The Twenty Tour) adalah konser tour ketigabelas dari WESTLIFE. Konsep konser reuni ini menandai 20 tahun perjalanan karir musik grup vokal asal Irlandia ini. Konser ini merupakan konser reuni setelah 6 tahun mereka berpisah dan vakum dari industri musik.

Konser tour ini diawali di SSE Arena, kota Belfast, Irlandia Utara pada tanggal 22 Mei 2019 dan berakhir pada tanggal 31 Agustus 2019 di Candi Borobudur, Jawa Tengah, Indonesia yang terdiri dari 33 show di Eropa dan 13 show di Asia.

Tour hari kedua di Stadion Croke Park, Irlandia rencananya akan disiarkan secara langsung di hampir 13 negara di Eropa pada tanggal 6 Juli 2019 mendatang.

Jawa Tengah akan menjadi konser tur show ketiga yang diumumkan di Indonesia setelah dua show di ICE BSD Jakarta tiket telah habis terjual. Di Jawa Tengah, konser ini akan diberi tajuk yang sama dengan rangkaian konser “The Twenty Tour” Borobudur Symphony.

Dipilihnya Borobudur sebagai venue konser tidak lain dikarenakan karena Candi Borobudur sudah menjadi ikon yang melekat sebagai warisan budaya dunia, salah satu kebanggaan yang dimiliki Indonesia. Dan diharapkan ini akan menjadi sesuatu yang lain setelah Diva Pop dunia, Mariah Carey tampil di lokasi konser yang sama pada tahun lalu. Konser kali ini dipastikan akan menjadi berbeda dari sekian negara yang menjadi rangkaian konser tur Westlife.